Cerita Saya : Operasi Geraham Bungsu

Posted: 20 Agustus 2011 in Cerita Saya
Tag:, , , ,

Apa, Kenapa, Bagaimana

Bagi beberapa orang, istilah geraham bungsu terdengar asing. Bahkan ada yang mengatakan kalau geraham bungsu itu adalah geraham susu (seperti gigi susu yang tumbuh pada usia anak-anak). Sebenarnya, geraham bungsu itu adalah gigi terakhir yang tumbuh, pada usia 18-23 tahun.

Jumlah gigi pada manusia dewasa terdiri atas 8 buah gigi seri, 4 buah gigi taring, dan 20 buah gigi geraham. Jika dibuat gambaran seperti dibawah ini

Susunan Gigi Orang Dewasa

Rahang Atas :       M3-M2-M1-PM2-PM1-C-LI-CI-CI-LI-PM1-PM2-M1-M2-M3

Rahang Bawah  : M3-M2-M1-PM2-PM1-C-LI-CI-CI-LI-PM1-PM2-M1-M2-M3

Keterangan :

CI : Centra Incisor (Gigi seri besar)

LI : Lateral Incisor (Gigi seri kecil)

C : Canine (Gigi taring)

PM1 : Premolar 1 (Geraham kecil depan)

PM2 : Premolar 2 (Geraham kecil belakang)

M1 : Molar 1 (Geraham besar depan)

M2 : Molar 2 (Geraham besar tengah)

M3 : Molar 3 (Geraham besar belakang)

Pada usia beranjak remaja, gigi manusia hanya 28 buah (hanya sampai M2). Sementara Molar 3 tumbuh saat usia menginjak dewasa, karena itu Molar 3 atau Geraham bungsu sering disebut Wisdom Teeth, gigi yang tumbuh diusia dewasa.

Gigi bungsu termasuk dalam kategori struktur vestigial, yaitu struktur yang fungsi awalnya menjadi hilang atau berkurang sejalan dengan evolusi. Salah satu contoh struktur vestigial lainnya adalah tulang ekor pada manusia, kelopak mata ketiga (Pilica Semilunaris), bulu, dan umbai cacing (Appendix).

Pertumbuhan geraham bungsu tidak menjadi masalah jika terdapat ruang yang cukup di rahang untuk tempat tumbuhnya geraham bungsu. Tapi, jika tidak tersedia ruang yang cukup untuk tumbuh gigi pada rahang, maka geraham bungsu akan tumbuh tidak wajar seperti tumbuh horizontal (menyamping) yang akan mendesak geraham disebelahnya sehingga merusak geraham yang didesak itu, jika tumbuh agak kedalam bisa merusak akar geraham disampingnya. Geraham bungsu bisa saja tumbuh vertical ke bawah, ini bisa merusak jaringan gigi dan tulang lunak pada rahang. Pertumbuhan tidak sempurna juga bisa membentuk kista dan tumor pada rahang.

Impaksi Geraham Bungsu

Faktor keturunan menjadi masalah pertumbuhan geraham bungsu. Misalkan saja seorang anak dari ayah yang mempunyai rahang besar dan ukuran gigi besar dan ibu yang mempunyai rahang kecil dan gigi kecil berkemungkinan akan membwa sifat gabungan dari orang tua. Tidak masalah jika si anak mempunya rahang besar dan ukuran gigi kecil sehingga masih memiliki cukup ruang pada rahang untuk tempat tumbuh gigi bungsu. Akan menjadi masalah jika si anak mempunyai rahang kecil dan gigi besar yang akibatnya ruang tempat tumbuhnya geraham bungsu tidak ada – kondisi seperti ini yang saya alami. Ada juga yg mengkaitkan pertumbuhan tidak normal dari gigi bungsu karena pola makan yang lunak sehingga tumbuh kembang rahang tidak terstimulir dengan baik.

Selain keluhan sakit gigi dan peradangan gusi/gigi, masih ada beberapa gejala lain yang timbul dari permasalahan gigi bungsu seperti sakit kepala yang tidak jelas sumbernya, telinga berdengung, sakit leher, bahkan terbentuknya kista pada rongga dalam rahang. Saya sendiri sering mengalami sakit kepala, bahkan terkadang seperti mau pingsan, katanya ini bisa jadi muncul dari efek geraham bungsu yang tumbuh abnormal dan menekan syaraf.

Contoh : Benih Geraham Bungsu Yang Akan Tumbuh Tidak Normal

Benih geraham bungsu mulai muncul di umur 9 tahun dan mahkota gigi selesai terbentuk umur 12-15 tahun. Jadi gigi geraham bungsu sudah dapat dilihat melalui rontgen pada umur 12-15 tahun walaupun gigi tersebut belum tumbuh.

 Dengan demikian pencabutan gigi geraham bungsu yang impaksi dapat dilakukan antara umur 12-18 tahun atau setelah gigi molar / geraham kedua tumbuh. Tentu saja persiapannya dilakukan rontgen foto sebelum dilakukan pencabutan. Pencabutan gigi geraham bungsu pada usia 12-18 tahun dikenal dengan pencabutan preventif dan ini sangat dianjurkan mengingat pada usia tersebut akar gigi masih pendek sehingga memudahkan operasi dan mempercepat waktu penyembuhan dan menghindari terkenanya saraf pada rahang.

 

 

Operasi Geraham Bungsu

Berawal dari ajakan teman, akhirnya saya mulai rutin memeriksakan gigi ke dokter, sejak setahun lalu. Tujuan utama membersihkan karang gigi dan menambal beberapa gigi yang bolong (sebesar lubang jarum) dan mencabut 2 buah geraham yang sudah rusak (gigi molar 1 kiri bawah dan kanan bawah, karena lubangnya sudah sangat besar). Butuh bolak-balik beberapa kali untuk menyelesaikan semua perawatan gigi itu.

Pembersihan karang dan penambalan beberapa gigi yang berlubang sudah selesai, tinggal mencabut 2 geraham molar satu sisi kiri dan kanan bawah. Namun, sebelum geraham molar dicabut, bu dokter menyarankan saya untuk melakukan rontgen rongga mulut (foto paranomic) untuk melihat posisi geraham bungsu. Menurut bu dokter, seharusnya di umur 23 tahun geraham bungsu sudah muncul ke permukaan. Tapi, geraham bungsu saya belum terlihat juga.

Kemudian, saya me-rontgen gigi ke RS. Eka Hospital di Pekanbaru. Dari hasil rontgen terlihat kalau ke-4 geraham bungsu sudah tumbuh, tapi tidak keluar dari lapisan gusi. Geraham bungsu kiri dan kanan bawah, berukuran besar dan tumbuh horizontal menabrak gigi disampingnya. Sementara geraham bungsu kanan atas tumbuh diagonal, juga menabrak geraham disampingnya. Terakhir, geraham bungsu kiri atas tumbuh lurus vertical, tapi tidak muncul ke permukaan. Kesimpulannya, ke-4 geraham bungsu ini harus dicabut. Jika tidak dilakukan maka ke-3 geraham bungsu yang tumbuh horizontal dan diagonal akan merusak gigi disampingnya. Sementara geraham bungsu kiri atas yang tumbuh vertical namun tidak muncul ke permukaan, dapat mengakibatkan kista.

Hasil Foto Paranomic

Foto Rahang Kanan : Geraham bungsu kanan bawah tumbuh horizontal dan menabrak geraham disampingnya, sementara geraham kanan atas tumbuh diagonal dan mulai menabrak akar geraham disampingnya. Kedua geraham tidak muncul ke permukaan gusi

Foto Rahang Kiri : Geraham bungsu kiri bawah tumbuh horizontal dan merusak akar geraham disampingnya, sementara geraham kiri atas tumbuh lurus. Kedua gigi tidak muncul ke permukaan gusi

Sebelum memutuskan untuk mencabut geraham bungsu, saya melakukan riset kecil dari artikel-artikel di internet. Akhirnya saya mengetahui masalah geraham bungsu tumbuh abnormal itu menjadi hal biasa, apalagi bagi orang Indonesia yang mempunyai struktur rahang kecil. Yang terpenting dari riset kecil ini adalah mengetahui kisaran biaya operasi. Ada yang mengatakan operasi kecil (dengan bius local) untuk 1 gigi diklinik dokter gigi yang melayani pencabutan geraham bungsu adalah 4 juta rupiah, kalau 4 gigi berarti 16 juta. Ada juga klinik yang menarifkan 1 juta pergigi, tapi itu di Jakarta, dan dicabutpun harus satu-persatu dengan bius lokal (tidak sekaligus). Bahkan di sebuah RS International, operasi 4 geraham bungsu dengan bius total ditarifkan 40 juta. Di salah satu RS Swasta di Pekanbaru, biaya cabut 4 geraham bungsu adalah 12 juta rupiah. Ya, mendengar biaya yang super duper selangit itu bikin saya ciut. Bisa-bisa rencana operasi terkendala karena biaya yang selangit itu.

Setelah memperoleh info dari teman yang bekerja di Askes, operasi geraham bungsu termasuk yang ditanggung sebagian oleh Askes. Dan baiknya lagi, di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru terdapat dokter gigi spesialis Bedah Mulut yang melayani operasi geraham bungsu. Biaya operasinya pun jauh lebih murah dari yang saya sebutkan diatas.

Akhir Desember, saya ke RSUD Arifin Achmad Pekanbaru untuk kontrol pertama perawatan gigi. Setelah dokter melihat hasil rontgen gigi, dia menyarankan untuk dioperasi. Saya dijadwal akan dioperasi tanggal 2 Februari 2011, karena RSUD Arifin Achmad hanya melakukan operasi setiap rabu dan kamis ditambah banyak pasien yang juga menunggu untuk dioperasi.

Seminggu sebelum operasi, saya rajin bolak balik RSUD untuk kontrol pra-operasi. Mulai dari rontgen thoraks (dada), cek darah, sampai konsultasi anestesi. Karena geraham bungsu yang dicabut 4 buah, ditambah 2 geraham molar satu yang rusak karena berlubang, dan 1 buah molar dua yang akarnya rusak karena ditabrak oleh geraham bungsu yang tumbuh abnormal maka dokter menyarankan saya untuk anestesi total. Walaupun anestesi total, tapi ini termasuk kategori operasi kecil. Katanya, butuh waktu lama untuk mencabut 7 buah geraham. Dan bagi pasien yang ke-4 geraham bungsunya impaksi sebaiknya dicabut semua dan sekaligus agar sakit (bengkak) pasca-operasi cukup dirasakan sekali saja.

Satu malam sebelum operasi, saya sudah mulai menginap di RSUD. Saya sengaja mengambil kamar perawatan VIP (dua kelas diatas standar kamar perawatan untuk PNS golongan II) agar mendapatkan perlakuan perawatan yang lebih baik, mengingat ini di RS Pemerintah. Resikonya, biaya yang nanti akan saya tanggung sedikit lebih besar, karena Askes hanya menanggung biaya maksimal untuk perawatan sesuai golongan pasien.

Besok (2 Februari 2011) saya direncanakan dioperasi jam 9 pagi, karena itu saya harus puasa 12 jam sebelum operasi. Paginya, setelah selesai mandi saya menuju ke ruang operasi. Sebelum masuk ke ruang operasi, saya harus menanggalkan semua pakaian termasuk pakaian dalam dan diganti dengan baju operasi.

Sebelum saya, sudah ada 1 orang pasien yang juga dioperasi karena geraham bungsu. Saya menunggu di depan pintu kamar operasi, mengintip pasien yang hampir selesai dioperasi itu. Banyak darah yang disedot dari rongga mulut, dan si pasien yang setengah sadar mengeluarkan suara seperti kesakitan. Ups, dan saya pun langsung ciut setelah dikasih tontonan gratis itu.

Tiba giliran saya, tepat jam 10 pagi sudah berbaring di meja operasi. Sambil menyuntikkan bius ke tabung infus, si perawat mengajak saya mengobrol. Tidak sampai 1 menit saya sudah tidak sadar. Ya, pencabutan 7 geraham dimulai. Sebenarnya yang terlihat dicabut itu hanya 3 geraham saja, karena geraham bungsu dari awal memang tidak kasat mata dan tidak muncul ke permukaan gusi.

Satu jam kemudian, operasi selesai. Dalam keadaan setengah sadar saya bisa pindah dari meja (tempat tidur) operasi ke tempat tidur pasien. Kata perawatnya, banyak darah yang keluar dari rongga mulut. Dua jam setelah operasi, saya belum merasakan sakit di rongga mulut, mungkin efek bius masih bekerja. Namun pembengkakan di pipi sudah mulai membesar. Dari artikel yang pernah saya baca, pembengkakan ini bisa berlangsung hingga 7 hari tergantung kondisi pasien. Pasien tidak perlu khawatir Karena pembengkakan bukan merupakan gejala infeksi dan pembengkakan ini akan hilang tanpa meninggalkan bekas. Pasien yang menjalani operasi gigi geraham bungsu cukup mendapat antibiotika, analgetik / penahan sakit dan obat anti inflamasi / anti radang. Selama pembengkakan pasien dapat makan (lunak), aktivitas sehari-hari seperti sekolah atau bekerja. Tapi tidak diperkenankan untuk olah raga terlebih dahulu. Setelah satu minggu benang jahitan dapat dibuka dan obat sudah dapat dihentikan. Karena rajin dikompres, saya hanya mengalami pembengkakan selama 4 hari.

Contoh : Gusi Dijahit Setelah Geraham Bungsu Dikeluarkan

Dari sini saya mengetahui bahwa pasien yang baru selesai dioperasi tidak boleh makan dan minum sebelum ia buang angin (kentut). Ini ada hubungannya dengan sisa bius di tubuh, jika tidak, ini bisa berdampak kematian. Jam 4 sore saya baru buang angin, dan mulailah sedikit demi sedikit minum air putih .

Tanggal 4 Februari saya keluar dari RS. Biaya pengobatan sebesar 3 Juta rupiah ditanggung oleh Askes. Sisanya harus saya bayar sendiri. Klaim yang cukup besar dari Askes ini tentulah sangat membantu.

Sebelum benang-benang jahitan dicabut dari bekas geraham tempat gigi tumbuh, saya hanya makan bubur nasi, minum susu dan sereal. Ini bertujuan agar rahang tidak banyak bekerja mengunyah makanan dan menghindari pendarahan pada sisi bekas operasi.  Sebelum benang dicabut, saya juga tidak boleh menggosok gigi, hanya diperbolehkan berkumur-kumur dengan antiseptic yang tidak membuat ngilu rongga mulut, seperti betadine obat kumur.

Tanggal 7 Februari atau lima hari setelah operasi saya kembali masuk kantor, tapi dengan menggunakan masker selama 2 hari karena masih ada sisa luka di rongga bibir dan mulut tidak nyaman karena sudah 7 hari tidak gosok gigi. Tanggal 9 Februari saya kembali ke rumah sakit untuk mencabut benang sisa operasi. Beberapa benang ada yang sudah menempel ke gusi dan bikin nyeri saat dicabut. Seminggu setelah benang dicabut, saya rutin ke dokter gigi untuk memeriksakan kondisi bekas luka operasi agar tidak terjadi infeksi.

Kata dokter gigi langganan saya, meskipun agak terlambat dicabut, saya sudah melakukan sebuah tindakan baik untuk mencegah komplikasi yang lebih buruk dari pertumbuhan abnormal geraham bungsu. Sampai ini, keluhan sakit kepala yang dulu rutin saya rasakan tiap hari tidak pernah saya alami lagi, benar nyatanya itu muncul dari pertumbuhan abnormal geraham bungsu.

Komentar
  1. hello drg. aldi.. :-) usia saia 24 tahun, tapi jumlah gigi saia masih 28.. seharusnya sudah berjumlah 32.. aneh saia rasa. tapi saia tidak merasakan sakit kepala atau sakit apa pun dikepala saia. apakah saia mengalami abnormal graham bungsu juga. atau emang belom dewasa.. mohon pencerahannya pak.. thanks

  2. lulu mengatakan:

    Wah… kl aq dah umur 30, telat… gk ya…

    • Aldi Amdefi mengatakan:

      mbak lulu, coba saja rontgent paranomic (khusus rongga mulut dan gigi), disitu baru terlihat geraham bungsunya ada atau tidak

  3. Lia mengatakan:

    Pak Dokter, Saya baru saja operasi geraham belakang sabtu tgl 15 okt, setelah bius hilang baru terasa sakitnya dan setelah 3 jam pasca operasi saya minum obat dari dokter, setelah itu saya hanya merasakan sakit sedikit, namun pada hari rabu saya merasakan sakit yang luar biasa di sekitar daerah operasi, kemungkinan dari benang jahitnya yg tergesek” di dinding pipi dalam jd mengakibatkan sariawan…yang ingin saya tanyakan apakah normal seperti itu.. dan apakah harus menunggu 1 minggu benang bisa diangkat, apakah bisa lebih cepat dari itu..?
    terimakasih kalau berkenan menjawab :D

    • Aldi Amdefi mengatakan:

      mbak lia, sepertinya saya terlambat buka blog, jadi terlambat membalas pesan anda.
      jadi gimana? masih sakit bekas operasinya?
      dari dokter gigi yg saya kunjungi, menurut dia, walau ada benang yang tersisa dan tertimbun di gusi yg tumbuh, itu tidak masalah, karena dengan sendirinya benang sebagai benda asing akan otomatis d desak keluar oleh tubuh.
      oia, saya bukan dokter gigi, tapi mantan pasien operasi geraham bungsu, sama seperti mbak lia ^_^

      • Lia mengatakan:

        hai mas…ga telat kok..cuma agak lama membalasnya… :P
        Untuk bekas operasinya alhamdulillah tidak sakit, saat ini sudah bisa makan secara normal
        oh iya..saya ada pertanyaan lagi…kalau gigi geraham itu apakah berhubungan dengan otak / kepala ?
        misal, kalau geraham bawah kanan yang sakit maka kepala sebelah kanan bisa sakit juga..?
        Terimakasih sebelumnya….

      • Aldi Amdefi mengatakan:

        bagus deh kalo dah gak sakit lagi. kalo masalah hubungan gigi sama syaraf otak, saya kurang paham, cuma dari beberapa literatur yg saya baca kalo salah satu penyebab sakit kepala adalah dari gigi yang sakit.

  4. Aldi Amdefi mengatakan:

    mas rudy gaga, teman kantor saya ini. ada-ada saja.

  5. Fazri Zaelani mengatakan:

    Thank you infonya..

    Pas banget lagi cari2 info mau cabut gigi bungsu.

    Salam kenal. :D

    • Aldi Amdefi mengatakan:

      salam kenal, terimakasih sudah mengunjungi blog saya

      • fazri zaelani mengatakan:

        Kisaran biaya2 per-gigi nya berapa ya pak aldi? kok cari2 di internet variatif banget ya, ada yg bilang mulai 500rb sampai 2jt. Buat itung2an limit health insurane dari kantor nih. hehe..
        .

      • Aldi Amdefi mengatakan:

        tergantung, ada yg 500 ribu per gigi, sampe 2 juta per gigi.
        kalo mau murah dan aman, baiknya ke RSUD saja, memang agak sedikit repot karena kita harus waiting list jadwal operasi, tapi hasilnya jg gak buruk. Karena pencabutan geraham bungsu termasuk operasi minor ato bedah kecil, jadi tidak perlu dikhawatirkan. Saya kemaren d RSUD pekanbaru.

  6. aji wepe mengatakan:

    MOHON INFORMASI KEPADA SIAPA SAJA , DIMANA BISA PASANG GIGI INPLANT DI PEKANBARU

    • Aldi Amdefi mengatakan:

      ada 1 dokter gigi spesialis prostodontia (spesialis gigi palsu), namanya dokter ella rafni (kalo saya gak salah nama). Dia buka praktek di rumahnya, d sukajadi, dekat jalan ababil, dekat puskesmas sukajadi.

  7. Realove_World mengatakan:

    aku habis operasi kemaren jumat 2 des 2011 dan diambil 4 gigi, dan sekarang masih bolak balik priksa dokter. tapi ni nunggu obat habis dulu ru balik ke dokternya lagi. saya tiap kali makan serasa banyak benang – benang aneh di belakang gigi. mungkin benang habis operasi. takut juga kalo makanan yang dimakan nyangkut di benang – benang itu. Kapan yah bisa makan dengan mengunyah lagi.. nggak hanya nelen… aku lapar… hiks… ku dah pengen maem mie instan tp takut kalo lukanya ngebuka lagi… mbak bisa sembuh total dan bisa makan dan bicara otomatis sikat gigi dengan tenangnya setelah berapa minggu??
    ditunggu balasannya…
    #curhat

    • Aldi Amdefi mengatakan:

      selamat ya, semoga capat sembuh
      saya seminggu hanya makan bubur nasi yg sudah digiling halus, sereal, minum susu.
      cuma seminggu koq, ntar juga dah sembuh
      karena itu, kalo makan harus hati-hati, jangan sampai membuat luka operasi tambah besar.
      btw, saya laki-laki. ^_^

  8. Realove_World mengatakan:

    ku br nyadar yang punya blog laki2 setelah send… mo edit pesan gak th caranya… ^^v pissss
    ni dah seminggu makan bubur kuah sup, bubur kuah soto dll… hahaha.. kemana2 cm dapet kuah..
    Amin. Moga ku cepet bisa makan nasi dengan lahapnya..XD
    ntar mau konsul dokter lg.. setelah kemaren2 konsul karena obatnya bikin alergi…

    salam geraham bungsu…”

  9. Maya Rasita mengatakan:

    ada yang punya usul ga??? sekarang gigi geraham saya lagi sakit banget.. pas liat di kaca ternyata si geraham bungsu mau nongol.. uda setengah muncul.. di biarin aja atau ke dokter gigi yah??

    • Aldi Amdefi mengatakan:

      coba rongent paranomic (rongent rongga mulut), disitu nanti terlihat apakah geraham bungsu tumbuh normal atau tidak, kemudian bisa dikonsultasikan ke dokter gigi untuk penanganan selanjutnya

  10. iguh mulyatmono mengatakan:

    mas aldi saya semalam tgl 10-1212011 diambil gigi bungsu 2 kanan dan kiri juga yg berlobang lainnya di RS Rumani Semarang. Yang bth waktu operasi dari jam 6 selepas maghrib keluar jam 10an. Skrg saya ada diruang perawatan dan telah diberi antibiotik sekali dan dua kali suntikan anti alergi, anti pendarahan dan anti rasa sakit. Yang saya tanyakan 1. Sampai berapa hari saya hrs menjalani inap.. Yang ke 2 adalah kebetulan saya pakai asuransi Inhealt apakah mengcaver semua pembiayaan, dari info kemarin mungkin ada obat yang hrs byr sendiri, yang saya tanyakan pengalaman mas aldi sendiri apa saja yang terbayarkan dan bayar sendiri selama menjalani perawatan sampai selesai.

    • Aldi Amdefi mengatakan:

      Kalau sudah baikan, dan tidak mengalami efek bius selepas operasi, besok sdh boleh balik. Obat dr dokter diminum sampe habis, selepas itu sdh tidak perlu obat lagi. Seminggu kemudian sudah boleh cabut benang operasi. sebaiknya selama seminggu menjelang benang dicabut, makan makanan lunak, seperti bubur nasi dan sereal, jangan gosok gigi krn nanti bisa melukai bekas operasi yg belum menutup sempurna. Kalo mau jaga kebersihan mulut, kumur2 pakai betadine obat kumur, karena lebih nyaman dimulut dan tidak berasa “tajam”. Jangan kumur2 pake lesterine, karena rasa “tajam” nya bikin ngilu dan gak nyaman di mulut. Selepas cabut geraham bungsu, minimal sebulan sekali bisa konsultasi ke dokter gigi ttg perkembangan bekas operasi geraham bungsu.

      Saya wktu itu pake Askes Wajib, krn saya PNS. Saya PNS gol. II tapi mengambil kelas perawatan VIP (2 tingkat diatas kelas yang ditanggung). Jadinya, saya kena 6 juta, 3 juta ditanggung Askes, sisanya ditanggung sendiri. Saya punya asuransi Axa Mandiri, ternyata tidak bisa nge-klaim untuk operasi geraham bungsu. Kalo InHealt tentu nilai yang ditanggung lebih banyak dari Askes Wajib.

      _salam geraham bungsu_

      • iguh mulyatmono mengatakan:

        terima kasih informasinya yang pastinya sangat berguna untuk saya. Dan lebih dan lanjutnya tolong tetap memberi info pada saya dan jangan bosen. Saya bisa online tiap hari lewat tetap cerita saya.

        iguh M

  11. Kadek Rama Sucipta mengatakan:

    Halo kak Aldi , aku kadek umurku 17tahun, aku juga rencananya akan menjalani operasi kecil pencabutan gigi geraham bungsu , awalnya saya cuma mau periksa gigi untuk pemasangan kawat gigi (orthodonti) cuma pas foto , baru terlihat ada 4 gigi geraham ku abnormal , sama kayak kakak aku juga bakal di cabut 4 + 2 gigi di belakang gigi taring untuk orthodonti .yang mau aku tanyain kak ,persiapan untuk operasi apa saja , dan butuh waktu berapa lama untuk masa penyembuhan nya ? thank ya kak

  12. diah mengatakan:

    aduuhh saya juga divonis inpaksi ama dokter gigi, udah berapa kali disuruh operasi tapi gak berani, pernah udah berani tapi gagal lagi karena dokternya gak siap ada urusan waktu itu dan direschedule, sekarang saya mengurungkan niat lagi deh. hiikkss lihat foto yg terakhir keknya makin gak kuat utk melakukan operasi inpaksi itu :(

    • Aldi Amdefi mengatakan:

      gambarnya serem yak? hhehehe
      kuatkan niat, operasi geraham itu termasuk bedah kecil loh, jadi gak terlalu berefek negatif

  13. amrannazdir mengatakan:

    Asalamualaikum, kelihatan seru tuh ngomongin Geraham Bungsu yang mengganggu, oh ya mas Aldi saya mau tanya, apakah masalah gigi geraham bungsu bisa di alami oleh semua orang?atau khusus, di tunggu ya mas Jawabannya.

    Terima Kasih

    • Aldi Amdefi mengatakan:

      orang asia sering mengalami pertumbuhan abnormal geraham bungsu, karena orang asia, terutama indonesia punya ukuran gigi yg besar, tapi rahang yg kecil, sehingga tidak ada space/tempat untuk geraham bungsu tumbuh.

  14. diya mengatakan:

    Terima kasih infonya,sangat membantu skali!tp tetep ªϑjα ni,gªk berani nyabutin gigi impaksi!kata dokter gigiq jg hrs sgra dioperasi,tp brhubung gªk pnya askes,malah jd takut ma biaya operasinya :(

    • Aldi Amdefi mengatakan:

      mbak diya tinggal di kota apa? kalo d kota besar, bisa ke RS Pendidikan Dokter Gigi, disitu biaya lebih murah, ato kalo ke RS Pemerintah juga bisa, tapi ambil kelas perawatan yg biasa, semoga terjangkau ^_^

  15. William Yaputra mengatakan:

    Waduh thanks bgt nih infonya, tapi gigi geraham bungsu saya baru muncul 1 di bagian kanan atas.
    Apa saya harus menunggu semuanya ato harus langsung mencabutnya?
    Adakah kasus dimana geraham bungsu tidak perlu dicabut (dibiarkan tumbuh)?

    • Aldi Amdefi mengatakan:

      umur sekarang berapa tahun?
      normalnya di usia 18 tahun semua geraham bungsu sudah tumbuh, tapi beberapa kasus ada juga geraham bungsu nya yg tidak tumbuh.

      kalo sekiranya mengganggu dan bisa dimungkinkan menabrak geraham disampingnya, sebaiknya dicabut

  16. Agus Susanto mengatakan:

    mas, kemaren pas operasi pake bius umum ya, kena berapa totalnya?? Mohon informasinya karna mau dipake buat ancer ancer.. Soalnya ada 7 gigi sepertinya mau dicabut… huhuhuhu

  17. mylabsatyu mengatakan:

    Salam Kenal Pak, … Kalau untuk askes PNS, untuk permintaan cabut gigi, rujukannya bagaimana ya ? dan apakah cabut gigi ditanggung seluruhnya oleh askes ? Terimakasih

    • Aldi Amdefi mengatakan:

      ke puskesmas dulu, ceritakan permasalahnnya, trus dikasih rujukan ke RS Pemerintah.
      Pastikan di RS Pemerintah itu ada dokter spesialis bedah mulut.

  18. annisafathur mengatakan:

    Terimakasih banyak atas informasi nya, saya juga baru saja mengalami hal seperti bapak. Sekitar tgl 6 maret kmarin. Kini saya mengalami pembengkakan pda pipi saya dan kesulitan membuka mulut. Saya pun mengalami rasa ngilu selama pasca operasi ini, benarkah mengompres rutin dengan es batu dapat mengempiskan pembengkakan ini ?? Seberapa rutinnya ?? Terimakasih.

    • annisafathur mengatakan:

      Oiya mas aldi, apa iya benang jahitan itu harus dicabut ato dibiarkan begitu saja ?? Soalnya saya kumur2 menggunakan air sirih, lalu ada benang jahitan yg tidak sengaja terlepas saya panik takut ada yg luka didalam. Bagaimana ya mas aldi ??

      • Aldi Amdefi mengatakan:

        seminggu setelah operasi harus dicabut, tapi kalo ternyata lepas lebih awal, perlu hati2, bisa2 luka bekas operasi tidak tertutup sempurna

  19. ibunya aulia mengatakan:

    terima kasih infonya sgt membantu. Sepertinya saya punya mslah yg sama dgn anda tapi saya blm pernah periksa dan umur saya sdh 30th. Kira2 msh bisa dioperasi ga ya? Geraham bungsu saya tumbuh abnormal. Mohon dbalas. Saya berlokasi djambi.

    • Aldi Amdefi mengatakan:

      masih bisa bu, coba ibu konsultasikanterlebih dahulu ke RSUD Raden Mataher, disana sudah ada dokter spesialis bedah mulut.

  20. Asri Aciie Yulianti mengatakan:

    ass..mas aldi saya asri (21tahun) 1tahun 2x saya rutin pemeriksaan+pembersihan gigi d RSUD tapi 1 bulan yg lalu ktika melalukan penambalan pada gigi atas bag.kanan dokter bilang ada pertumbuhan gigi bungsu yg abnormal(tumbuh ke samping/gusi) walaupun baru nongol d sebelah kanan dan msti d operasi kecil mendengar kata OPERASI saja sdh ngeri dan bingung soal biayanya takut membebani orangtua.
    1tahun blakangan ini saya sring sakit kepala dan telinga sperti d tusuk jarum+berdengung tapi itu sementara makanya saya cuek saja. apakah itu ada hubungannya dgn gigi bungsu yg abnormal?saya jg pnya askes krna ibu saya PNS, apakah biaya yg d tanggung olh askes untuk ibu dan anak sama atau berbeda?

    • Aldi Amdefi mengatakan:

      kalo yakin untuk dicabut, segera dicabut. kalo tentang askes, biaya yang ditanggung untuk peserta dan anggota (anak) itu adalah sama

  21. arique mengatakan:

    Gigi bungsu yg bwh dua2ny uda d operasi sktr 1th lalu….sakkkiiiiiiitttttttttt…….
    Gag byr tuh krn d tanggung penuh oleh askes n cm pake bius total….
    Masalahnya geraham bungsu yg atas ni mulai muncul….klo d buat mkn selalu nggores pipi dalam….alhasil jd bengkak ni pipi…..
    Mau operasi lg kok takuuuttttt….mbayangin suara bor n alat2 lainnya bikin merinding….

  22. Najib mengatakan:

    Salam kenal Mas Aldi, saya dr Pekalongan umur saya 20 thn, waktu kemarin saya ke drg RSUD Kraton utk foto rontgen dan ternyata ada 4 gigi molar yg impaksi dan hrs dicabut. Terus saya dikasih.rujukan ke RSUP Kariadi, Semarang. Kebetulan ibu saya seorang PNS, yg mau saya tanyakan adl kalau saya melakukan operasi 4 gigi yg impaksi sekaligus dg bius total apakah semuanya ditanggung pihak ASKES….??? Termasuk obat-obatannya. Tolong pencerahannya. Makasih.

    • Aldi Amdefi mengatakan:

      tips agar pengobatan ditanggung penuh/lebih banyak oleh askes :
      masuklah ke kamar perawatan sebelum operasi sesuai dengan kamar yg disediakan untuk kelas/golongan ibu saudara. Memang harga kamar perawatan tidak begitu mahal, tapi dikamar mana saudara dirawat sebelum operasi dikelas itulah saudara akan dilakukan pembedahan (pembedahan sesuai dengan kelas golongan askes). Jangan takut atau ragu kalau kita mendapat fasilitas biasa artinya nyawa dan kesehatan kita tidak terjamin, gak usah berpikir seperti itu, karena dokter akan selalu memberikan perlakuan terbaik kepada pasiennya, toh mereka punya kode etik.
      Karena biaya terbesar justru saat pembedahan. Nanti, setelah operasi baru pindah ke kamar yang lebih bagus, agar dapat perawatan pasca operasi lebih baik.
      Kalo saudara menginap dikamar perawatan yang lebih bagus sebelum operasi, itu artinya biaya operasi akan disesuaikan dengan kelas kamar yg artinya akan lebih mahal. asal mengikuti ini, insyaallah biaya yg ditanggung diluar askes tidak terlalu mahal. Sbg info saya ditanggung askes Rp 3.000.000 dengan perawatan 3hr 3 mlm dirumah sakit, tapi saya harus nambah biaya karena sebelum operasi dan sesudah operasi saya memilih kamar perawatan yg jauh diatas golongan askes saya :D

  23. ruddy mengatakan:

    Salam kenal dr aldi saya ingin cabut gigi bungsu saya dan itu saya lakukanpada dokter gigi ternyata dr gigi kesulitan untuk mencabut gigi bungsu saya maka pencabutan ditunda selain itu pula rasa sakit yg luar biasa saat dilakukan pencabutan, pencabutan kedua dilakukanpun belum berhasil rasa sakit yang ditimbulkan saat pencabutan sangat saya rasakan padahal sudah disuntik 3x karena dr merasa kesulitan dan saya merasa skait maka pencabutan ditunda untuk yang ke 2x, yang saya ingin tanyakan apakah dr gigi dapat mencabut gigi bungsu saya, apakah saya harus mencabut gigi bungsu ini ke dr bedah mulut mengingat usia saya telah 35th tolong informasinya kirim melalui email saya, leo_nij@yahoo.co.id
    saya mengharapkan sekali bantuan dr Aldi
    Terima kasih

    • Aldi Amdefi mengatakan:

      sebaiknya, untuk pencabutan geraham bungsu, usahakan dicabut di dokter spesialis bedah mulut, itu lebih baik karena mereka lebih paham betul tentang hal itu. Apalagi saudara bilang kalau dokter gigi biasa sudah 2x gagal mencabut geraham bungsu saudara.

  24. dewi mengatakan:

    terima kasih infonya sangat membantu sekali nich,kebetulan aku punya masalah yang sama. kemarin2 aku pergi ke dokter gigi dan dokternya bilang harus segera di operasi,tapi harus menunggu tidak sakit lagi. tapi yang jadi kendala adalah waktu yang tidak banyak karna kerjaan yang kadang tidak bisa ditinggalkan,kebetulan aku lagi berada di taiwan,masalah biaya juga ada bantuan dari askes. dalam waktu 2 bulan lagi aku berada di indonesia,kira2 baiknya operasi dimana ya? di indonesia atau di taiwan? di indonesia aku punya waktu 1,5 bulan,cukup gak ya waktunya untuk melakukan operasi? cuma kalau di indo aku gak punya asuransi kesehatan jadi semua biaya harus ditanggung sendiri.

  25. tomo mengatakan:

    Infonya bagus bgt bang…saya pria 20tahun,kmren baru oprasi impaksi,tp baru 3-4hari pasca oprasi,saya sudh olahraga dan mncoba sikat gigi,dan tepat 7hari habis bangun tidur,ada jahitan gusi yg copot,itu berpengaruh gak bang?takutnya jahitan yg kmren belum sempurna menpel..thx sblmny

  26. yayuk mengatakan:

    salam kenal….infonya bagus banget n pas bgt..karena saya memang lagi nyari info tsb….mas saya juga ada masalah dgn geraham bungsu posisi miring dan sudah berlubang besar ( saya ga tau…krn posisinya yg miring ) dan ga pernah sakit sebelumnya…pas gigi saya yg lain sakit baru saya ke dokter gigi di puskesmas. Oleh dokter saya di rujuk ke RS Gigi dan mulut FKUI…, saya sudah rongsen …tapi saya waktu itu blm mau operasi karena keterbatasan dana ( biaya operasi 1 gigi 500 ribu ) karena saya masih memikirikan obat dan kontrol setelah opersi tsb…karena dari kantor tidak ada penggantian….yg mo saya tanyakan kira2 biaya obat dan kontro berapa ya…dan saya harus kontrol berapa kali lagi setelah operasi…terima kasih sebelumnya

  27. bayutrta mengatakan:

    klo graham yg m3 yg d cabut gmn mz?bayu 21 thn

  28. Haryanti Sopian mengatakan:

    salam kenal yaa kak, infonya bagus bgt nih.. mau tanya kalo usianya 20 thn terus jumlah gignya baru 28 itu bahaya gak?… makasih yaa sebelumnya

  29. Nydia Fitriyah Sari mengatakan:

    apa gigi geraham bungsu tumbuh selalu sakit baik normal atau tidak?? saat ini saya mengalami pertumbuhan giigi bungsu, rasanya sakit..

  30. Amelia mengatakan:

    Mohon infonya yah. normalnya benang jahitan operasi geraham bungsu itu dilepas setelah seminggu or harus nunggu 3 minggu? Seminggu setelah operasi, saya lakukan kontrol ke dokter gigi yg lain, kok benang jahitannya katanya baru dilepas 2 minggu lagi dan pada saat makan diharuskan mengunyah di tempat bekas jahitan. Bener ga sich itu semua. Coz saya coba makan di geraham ke-2 gusi saya terasa sakit semua. Mohon infonya. Thanks b4

  31. aisya mengatakan:

    Hai, salam kenal. blog post nya bagus sekali, jadi menginformasi banyak orang :)
    Terimakasih ya share nya,
    *lagi galau harus nyabut gigi geraham bungsu kiri, trauma gara2 nyabut geraham bungsu kanan dulu sangaaat menyakitkan..

    oh iya, sekedar mau nambahin soal nyabut geraham bungsu di RS pendidikan, dulu geraham bungsu kanan saya dicabut di rs pend. tapi jujur itu bikin saya kapok, karena metode pencabutannya yang masih jadul sekali (pakai alat semacam palu dan linggis), mungkin karna bermaksud ngajarin mahasiswanya, sehingga saya merasa seperti disiksa. Memang keadaan ini berbeda antara satu orang dan orang lain, karena keadaan gigi nya berbeda, yang pengen saya sarankan, sebelum memutuskan cabut gigi, harus tanya metode pencabutan selengkap lengkapnya sama dokter gigi ybs, minta beliau menjelaskan prosedurnya, sebelum terlambat.

  32. darmawati alimuddin mengatakan:

    salam geraham bungsu
    salam kenal,sy darma dari maros sulawesi selatan. dua minggu yang lalu, tepatnya 12 juli 2012 sy baru saja melakukan operasi geraham bungsu. benar saja, setelah foto panoramik baru ketahuan kalau ada geraham yang tertimbun di bawah gusi. parahnya, karena impaksi tersebut, sekitar gusi saya sudah terdapat kista. setelah bertemu dokter gigi keluarga, dia merujuk saya ke dokter gigi yang juga seniornya di kampus untuk ditindaklanjuti. seniornya ini adalah spesialis bedah mulut. setelah datang ke tempat prakteknya, disanalah saya dirujuk untuk foto panoramik. setelah foto, dia menganjurkan saya untuk dioperasi. dengan alasan, kasihan kalau saya harus merasakan sakit, lagian sy juga seorang PNS jadi bisa menggunakan fasilitas ASKES.
    setelah melewati serangkaian pemeriksaan, akhirnya tanggal 11 juli 2012 sy diperiksa laboratorium, radiologi dan anestesi. sorenya, sudah harus menginap di rumah sakit, karena besok operasi akan berlangsung sekitar pukul 8 pagi.
    dengan bius total saya pun melewati operasi geraham bungsu. alhamdulilah, sy tidak merasakan sakit pasca operasi, selain rasa nyeri, nyut- nyut, susah membuka mulut dan pipi membengkak.
    ini sudah hari ke 15 pasca operasi gigi. dan pipi saya masih bengkak, dan masih terasa kaku. apakah pipi saya bisa kembali seperti semula?? baal, di sekitar bibir pun masih terasa. menurut dokter, ini memang akan terjadi, mungkin permanen sebab ada syaraf yang sudah terkena akar geraham bungsu saya…
    apakah, proses pemulihan pasca operasi memang agak lama???

  33. Gerdaning mengatakan:

    Aku kmren hbis oprrsi gigi bungsu yg knan bawah.. ya allah ssmaleman g bisa tdur sakit bgt.. gtau lgi deh ini bagaimana nSib ke3 gigi yg lain.. gak berani..

    Tlong ksih saran n solusi kern shrusx k4 gigu hrua dipperazi..

  34. anggi indriani mengatakan:

    untuk mba darmawati alimuddin,, saya pernah operasi gigi 2 tahun lalu. waktu itu puskesmas masih melayani operasi gigi. memang beberapa hari pasca operasi pipi akan bengkak & seperti mati rasa. tapi tidak apa2, hanya efek samping saja. minggu ke-3 sudah bisa mengunyah dengan nyaman lagi koq. Insyaallah.

  35. Terima Kasih infonya…
    Sangat membantu :)
    Aku usia 21, geraham bungsu belum tumbuh. Aku juga beberapa kali pusing sejak 2 tahun lalu dan kulihat geraham bungsu sudah terlihat tapi sampai sekarang belum benar2 muncul semua.

  36. Arter Senduk mengatakan:

    Pak Aldi istri saya mengalami sakit gigi widom teethsudah 6 tahun. Usia 30 thaun. Kami sudah berkonsulktasi dgn dokter di manado, tapi dokter menyarankan untuk ke Bandung atau Jakarta. DI MANADO, TIM DAN PERALATANNYA belum lengkap. PIPINYA sudah lebih membengkak> dalam wktu dekat kami akan mengadakan operasi> kami peserta askes, saya mau tanya… 1.apakah bisa dapat jaminan askes untuk penyakit ini? 2.kira2 adakah dokter spesialis yang menerima askes yg terjangkau? 3. adakah saran RS mana yg bisa dirujuk yg tidak berbelit belit? 4. bagaimana mengurus surat askes untuk bisa di pakai perawatan ke luar daerah? contohnya: keterangan dsb..

    trims

    • Aldi Amdefi mengatakan:

      Sy memberikan info sesuai dgn sepengatahuan, tapi mhn tdk d jadikan patokan ya :). Setahu saya, kalau qt mengikuti prosedur askes, berarti tetap ada rujukan dr rmh sakit d manado ke rs d jkt. Utk info lanjut silahkan hub kantor askes d manado. Perlu diingat, askes hanya akan menanggung biaya pengobatan jika pengobatan/perawatan sesuai dgn prosedur askes. So far, selama sy jd peserta askes, dan slalu ngikut prosedur, sy tdk pernah menemukan kesulitan. Askes menanggung biaya pengobatan dan perawatan utk operasi gigi.
      Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

  37. Chillapoop Queen mengatakan:

    hi pak aldi.. salam kenal..saya juga tinggal dipekanbaru, hari ini 31 agustus 2012saya memeriksakan gigi ke spesialis bedah mulut di rsud arifin ahcmad pekanbaru dan operasi saya dijadwalkan bulan november 2012. harus menunggu 3 bulan untuk diopersai :(.. mau nanya ..kalau pak aldi kan pakai askes, sementara saya pakai jamsostek. apakah jamsostek menanggung biaya operasi secara keseluruhan bila kita mengikuti prosedur yang berlaku? mohon informasinya..dan ketika pak aldi dioperasi apakah dibius secara keseluruhan? bagaimana prosedur operasi di rsud arifin ahcmad pekanbaru menurut pengalaman pak aldi? makasih ^_^

    • Aldi Amdefi mengatakan:

      sy tidak punya pengalaman ttg penggantian/penanggungan klaim dr jamsostek, utk itu sy sarankan ibu utk dtg langsung ke kantor jamsostek, thx sdh berkunjung ke blog saya

  38. rizwandi mengatakan:

    Berapa umurnya waktu operasi???

  39. arin mengatakan:

    Assalamualaikum wrwb,
    Subhanallah…bermanfaat sekali artikelnya
    Mas, saya skrg lg ada masalah pada gigi saya. Udh 2 hari sakit dibagian geraham belakang kanan bawah, saya pikir sariawan di gusinya, tp pas saya liat dikaca ternyata nampak putij seperti gigi tumbuh.
    Dibuat makan sakit apalagi nelan, apa mungkin ini terkait jg sm geraham bungsu yg tumbuh? Kira2 nnt pas q priksa ke dokter dan dinyatakan perlu dioperasi, sakit bgt g ya???…takut kl masalah di gigi, pengalaman pernah tambal gigi aja sakitnya g ketahan apalagi dioperasi…saya usia 23 th 5 bulan…tks

    • Aldi Amdefi mengatakan:

      Jd gini, segera rontgen paranomic (rongga gigi), lalu setelah hslny keluar segera konsultasikan dg dokter gigi, sekiranya perlu operasi, sebaiknya operasi dr sekarang, mumpung msh muda. Sy wktu operasi jg d umur 23
      Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

  40. lina mengatakan:

    lam kenal mas aldi, kebetulan saya jg pnya masalah dengan gi2 belakang yg ga muncul dan pingin dicabut alnya terasa sakit akhir2 ini,setahun yg lalu jg sempet dioperasi kecil baru satu nah sekarang masih ada 3 lagi yg tertimbun yg blm dicabut tdnya ga mau dicabut lagi alnya sakit tp setelah liat artikel mas aldi tentang pengalamannya jadi timbul keberanian ntk melakukan operasi lagi,makasih ya mas telah berbagi pengalamannya.

  41. DEVI INDAH PERMATA mengatakan:

    hello mas, saya devi dikalimantan ( 081952060644).
    saya tadi baru selesai operasi imfaksi di rs ratu zaleha. beruntungnya harganya 325 rb saja, hehe. bener bgt bibir pipi saya juga menggelembung menebal. itu kah yg dinamakan bengkak? at beda lagi

    saya ga dkasih tau masalah kentut, tp saya cuma dkasih tau makan bubur aja.. dan 3jam abis operasi saya tetap makan nih. kalo saya makan nanti saya meniggal gtu ya????

    • Aldi Amdefi mengatakan:

      murah donk kalo 1 gigi cuma 325 ribu. di pekanbaru aja, di RS swasta 1 gigi 1 juta. wow, mahal.

      kalo operasi dengan bius lokal,makan sebanyak apapun walo belum kentut gak masalah.
      kalo dioperasi bius total seperti saya, maka qt harus kentut dulu, untuk mengurangi efek “fly” dan bius yang masih ada d tubuh kita, baru kita boleh memasukkan makanan ke dalam tubuh, sedikit demi sedikit.

  42. Pamela Debby mengatakan:

    Mas, kalau bekas jahitannya tidak tertutup sempurnya gimanaa mas? jadi, bagian dekat pipi itu jaitannya kebuka gituu..

    • Aldi Amdefi mengatakan:

      ada beberapa kasus, jahitan tidak tertutup sempurna, don’t worry, karena lama kelamaan jahitan itu akan tertutup sendiri karena daging/gusi yang berkembang membesar dengan sendirinya.

  43. yui mengatakan:

    Hi Dok,
    Saya umur 27 tahun dan ada satu gigi geraham saya yg belum tumbuh. saya sentuh gusinya dan terasa ada seperti bagian gigi persis dibelakang gigi geraham kedua. apa ini masih normal dan masih bisa tumbuh atau harus rontgen dok?
    terima kasih

    • Aldi Amdefi mengatakan:

      untuk mengetahui keadaan tumbuh geraham bungsu, sebaiknya dilakukan rontgent paranomic / rongga mulut, setelah itu baru terlihat apakah tumbuh miring ato tidak, kemudian konsultasikan ke dokter gigi untuk penanganan lebih lanjut.

  44. HendroPrayogo mengatakan:

    saya laki2 20thn. kemaren saya ke poliklinik di puskesmas untuk periksa pembengkakan yg terjadi di gusi bagian kanan bawah. ternyata saya harus operasi pencabutan gigi bungsu di rumah sakit. sempat kaget juga, kok pakek operasi segala. menyesal rasanya baru tahu masalah gigi bungsu ini setelah merasakan sakitnya. Btw, thx bwt mas aldi yg udah share pengalamannya.

  45. nursanto mengatakan:

    Mohon saran anak saya sekarang berumur 9 th giginya belum tanggal sama sekali, stelah sya priksa ke dokter gigi di suruh foto ronggen setelah di analisa katanya gigi anak sya tdk ada benihnya .yang sya tanyakan kalau sudah dewasa nanti apa giginya cumak itu .apa benihnya bisa ada mohon saranya

    • Aldi Amdefi mengatakan:

      wah, kalo tentang itu, saya malah kurang tahu mas, lebih baik berkonsultasi dengan dokter gigi, semoga anak saudara sehat selalu, amin yra

  46. Fazri Zaelani mengatakan:

    mas aldi lulusan STAN jadi dokter gigi skarang.. hahaha :p

  47. agustjay mengatakan:

    salam kenal mas aldi
    suami saya habis cabut geraham
    di cabutnya di tempat praktek dokter jd bukan di rumah sakit.
    tp sudah sih disertakan hasil rontgen juga.
    saran dokter cabut nya satu satu aza dulu.
    habis cabut …
    dua hari kemudian koq sudah di lepas benang jahitnya ya sama dokter??
    habis itu malam besoknya sakit yg dia rasakan luar biasa sampai” semalamam dia gak bisa tidur
    saya kasihan sekali melihatnya.hanya bisa nungguin di sampingnya.
    karena gak tertahankan sampai dia bawa jalan ” keluar rumah.
    dia coba minum obat dari dokter melebihi jadwal tp setelah 30 an menit kemudian.
    Itu kenapa ya mas…koq sakit nya bisa begitu keras??
    sampai ke kepala tp cuman sebelah, di atas gigi yg di cabut.
    terima kasih banyak mas.

    salam geraham dari suami saya.

    • Aldi Amdefi mengatakan:

      kalo saya dulu, sakitnya hanya sebatas nyeri saja, tidak separah yang ibu ceritakan. Ibu cabut geraham bungsu nya di praktek dokter gigi biasa? atau dokter gigi spesialis bedah mulut? kalo di dokter gigi spesialis bedah mulut, seharusnya tdk terjadi seperti itu karena dokter tersebut sdh cukup mumpuni untuk menangani kasus seperti tu

      • Eko mengatakan:

        Hallo,
        Slam kenal sebelumya,
        Pasang behel di pekanbaru dimana yang spesialis ortodonti ?? Atau tempat rekomenlahh!!
        Kisaran harganya berapa aja ya??
        Thanks you,,,

  48. adhyeleon mengatakan:

    Sebelumx slm kenal n trims nih bt blogx mas aldi Ɣάnƍ betul2 ngasih info bt byk org. Sy umurx udh 26, gigi geraham atas sy sebelah kanan udh 3 thn ini sakit trus, sy kira gara2 ad lubang ato infeksi gt jd cm periksa biasa n bru2 ini abis foto panoramic krn dokgix sarankan Ůήƭůƙ foto trus hasilx sy punya kasus Ɣάnƍ sm yaitu geraham bungsu sy terbenam dbawah tulang jd musti ϑ operasi. Mslhx sy takut sakitx, efek samping trus belum tahu jg biayax. Oh ΐyα̲̅ menurut mas Aldi bagaimana, trus kan cm geraham atas sebelah kiri sy Чά‎​πƍ sakit, Чά‎​πƍ lain sih aman2 tp dr hasil foto kykx Ɣάnƍ 3 lg posisix kyk gt jg jd ap sy musti operasi keempatx sekalian meskipun Ɣάnƍ lain blum ada tanda sakitx? Mohon saran n bantuanx yaa, jd ngeri nih ngebayangin… Please reply as soon as U see,.. Thanks a lot bro…

    • Aldi Amdefi mengatakan:

      segera operai apabila geraham mu ada tanda-tanda :
      1. tumbuh tidak normal dan akan merusak geraham disampingnya (ini saya alami pada geraham kiri bawah)
      2. tumbuh tidak normal dan ditakutkan akan merusak tulang rahang

      kalo hanya sekedar sakit itu bisa diminimalisir dengan obat.

  49. sumarmi.mahardani mengatakan:

    Salam kenal dok, dok saya punya anak umur 4 thn, gigi atas graham belakannya berlubang, mungkinkah gigi itu bisa berganti dengan gigi graham yang baru, umur berapakah bila itu akan berganti gigi yang baru….terima kasih dok…

    • Aldi Amdefi mengatakan:

      jangan khawatir, gigi geraham yg rusak tersebut akan tanggal dan akan diganti dengan geraham baru yang baru tumbuh diusia 7-8 tahun

  50. Dedhy Prabowo mengatakan:

    kalo gigi graham bungsu yang mau dicabut tu ada tambalannya gimana ya kira2 mas? apakah kira2 akan mempersulit proses pencabutan saat operasi nanti? thanks.. :)

  51. adham mengatakan:

    saya baru ronsen ternyata saya memiliki 3 gigi yang ntah mengapa bisa tumbuh dokter pun sampai bingung melihat keadaan gigi saya ini
    catatan gigi saya lengkap sebelum umur 17 tahun

    yang punya info atau saran

  52. andhi mengatakan:

    Apakah gigi graham bungsu harus numbuh? saya usia hampir 29 kok jumlah gigi bagian bawah masih16 ya? tapi kalo bagian atas sudah 18.

  53. andhi mengatakan:

    eh maaf yang bagian bawah 14, yang bagian atas 16

  54. Andri mengatakan:

    Kalo sekarang berapa yah kira2 biayanya?

    Makasih sebelumnya…

  55. Fitriana azzahrah mengatakan:

    Assalmuallaikum drg. Aldi

    Saya fitr umur 20,, yg ingn sy tnyakn sy kena gusi bengkak belakng bawah kiri,, sekitr seminggu alhamdulillah udh gk sakit bengkk lg..Tp knp sy msh susah untk mkn krn gigi geraham sy jd trtutup gusi,, ini menggagngu sy dlm menguyah,, knp bisa sprti ini? Bgmna solusinya
    Saya baru prtma x ny mengalami gusi bengkk,, tp mlh gigi gerahmny ketutupn gusi

    Bales.. Thanks

  56. dewi mengatakan:

    makasih yah…infonya sangat menarik
    like this…

  57. Budi mengatakan:

    sy br aja operasi di rs dr moewardi solo tgl 14-06-2013, yg impaksi gigi bawah kiri dan kanan, tp ini yg diambil baru yg kiri, karena keluhan sakit dari yg kiri ini. untuk yg kanan dijadwal lg entah kapan.
    operasi berlgsung sekitar 1 jam, saat disuntik bius tidak terasa sakit sama sekali (mungkin dh jago dokternya).
    mslh biaya sy pakai jamsostek, semua gratis, klo dihitung2 untuk lab dan foto panoramik sekitar 300 – 400 ribu, untuk operasi 540 ribu, jd klo ditotal semua termasuk pendaftrn biaya hampir 1 juta dan itu ditanggung jamsostek.
    saran sy bg yg punya askes, jamsostek dll, jugakan itu krn sangat membantu, jgn gengsi dan jgn takut pelayanan gak maksimal, krn pengalaman sy pakai jalur jamsostek pelayanan juga tetap ok.

    gitu aj.
    salam.

    Budi

  58. Tri mengatakan:

    Salam kenal.. Saya mau oprasi 1 gigi molar yang impaksi, tp umur saya udah 43 tahun. baru ketahuan. bahaya ga yaaa?

  59. ramadhan mengatakan:

    kalu mau oprasi graham apakah bisa pake jamkesmas

  60. zahra afthur mengatakan:

    Aq ibu 2 anak, umur aq 24thn,
    Td aq abis operasi buang gigi geraham yg dikiri (kbtln yg abnormal kanan sm kiri bawah, numbuhnya miring)
    Tp lbh parah yg sblh kiri krn menabrak gigi2 yg sblhnya,
    Duuuh biyuuuung kok ttp kerasa skt ya wlopun udh dibius, pas bedah sm jahitnya sih ga kerasa, tp wkt giginya dicabut itu loh, sktnya luaaarrrrr biasa :(
    Nah dokterku cuma resepin obat amoxilin sm paracetamol aja, ada 1 lg utk diminum klo lg skt ‘banget’ aja, apa obat ini sj ckp?
    Klo pny mas ada brp macem obatnya?
    Trs nmnya apa sj?

  61. amalia utami mengatakan:

    assalamualaikum ….. saya juga mengalami hal yang sama seperti anda ,, gigi bungsu saya harus dicabut 4 ,,, yang saya mau tanyakan itu waktu dioperasi kita dalam keadaan sadar atau juga dibius juga jadi kita tidur, dan tidak tau suara apapun atau te2p denger suara2 di ruang operasinya ?? mohon balasannya ya kak ….. trimakasih

  62. ida mengatakan:

    kalo gigi bungsu yang sudah pernah dicabut (dg cara operasi) bisa tumbuh lagi tidak…??

  63. Desi mengatakan:

    Pak saya mau nanya tarif nambal gigi pas pertengahan gigi saja berapa yah?

Tinggalkan Balasan

